Trik  Mudah Memanggil Anjing

trik memanggil anjing
trik memanggil anjing

Tidak semua anjing peliharaan langsung merespon saat dipanggil, bahkan oleh pemiliknya sekalipun. Perlu latihan sejak dini, agar anjing mudah merespon saat dipanggil. Coba gunakan beberapa trik mudah memanggil anjing berikut ini:

  1. Mulailah di area yang rendah gangguan. Jika Anda berada dalam ruang tertutup, Anda tidak memerlukan tali/leash. Jika berada di luar tanpa pagar, gunakan tali untuk memastikan anjing tidak melarikan diri saat dia tidak merespon dengan benar. Namun, jangan gunakan tali untuk menariknya ke arah Anda.
  2. Siapkan beberapa makanan/mainan yang disukai oleh anjing. Kemudian perlihatkan makanan/mainan tersebut dan segera bergeraklah menjauh dari anjing. Posisikan tubuh ke arah anjing dan berjongkoklah dengan menaruh tangan berisi makanan/mainan tadi didepan bawah dan jaraknya dekat dengan tubuh Anda. Segera setelah anjing mulai bergerak ke arah Anda, katakan “Ya/Yes!” dan berikan pujian.
  3. Saat anjing sudah mendekati tempat Anda, berikan makanan atau mainan kesukaannya dan berikan pujian kembali. Pegang makanan/mainan dekat dengan tubuh Anda sehingga anjing berada di dekat Anda. Pada waktu yang sama, biasakan untuk mendekatkannya dan tahan dengan memegang collarnya secara lembut. Ulangi trik ini beberapa kali.
  4. Jika anjing Anda tidak datang menghampiri saat Anda berjongkok dan memanggilnya, maka tunjukkan makanan/mainan yang Anda pegang dan membujuknya untuk mendatangi Anda.
  5. Setelah beberapa kali pengulangan dan anjing sudah merespon dengan benar, mulailah mengucapkan kata perintah dengan nama anjing Anda di depan kata, seperti ” Dogy, Come/kemari!.”
  6. Ucapkan perintah dengan suara riang yang yang menyenangkan. Dan selalu akhiri dengan pujian yang menyenangkan saat anjing merespon dengan benar.
  7. Setelah beberapa latihan dan pengulangan, coba panggil anjing tanpa Anda harus bergerak atau mengambil satu atau dua langkah untuk mendapatkan perhatiannya. Hal ini untuk lebih mengasah daya responnya.

Hal yang harus diperhatikan:

  • Buatlah suasana latihan menyenangkan, bukan seperti latihan milliter.
  • Segera setelah anjing sampai ditempat anda, langsung berikan treat / kata pujian/ elusan (sesuatu yang menyenangkan baginya) agar anjing tahu bahwa tindakannya sudah benar.
  • Jika saat latihan, anjing belum bisa melakukan dengan baik jangan memarahinya. daripada memarahinya lebih baik mencoba mengulanginya dan jika tidak bisa juga berikan waktu.
  • Saat latihan, jika anjing sudah terlihat bosan sebaiknya berhenti dulu atau bisa diajak main dulu untuk membangkitkan kembali semangatnya.
  • Kata perintah yang digunakan bisa sesuai yang anda inginkan tidak harus “come”, misalnya “kemari”, ” kesini” dsbnya. yang terpenting adalah harus konsisten dan sebaiknya menggunakan nama anjing sebelum kata perintah.

 

 

1 Trackback / Pingback

  1. trik melatih anjing supaya bisa memberi salam dengan baik

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*