Tibetan Mastiff

tibetan mastiff
tibetan mastiff

SEJARAH ANJING TIBETAN MASTIFF :

Leluhur daripada anjing Tibetan Mastiff (lebih dikenal dengan sebutan Do Khyi) sangat popular dengan cerita legendaris mereka yang terkenal dengan keganasannya sebagai anjing penjaga di luar Biara-Biara di Tibet sedangkan ajing jenis Tibetan Spaniels yang bertindak sebagai anjing pengawas diketinggian kompleks biara dan akan menggongong untuk memperingatkan biarawan dan mastiff apabila ada sesuatu yang mendekati kawasan kompleks. Anjing Mastiff ini juga berfungsi sebagai pelindung yang menakutkan di rumah, peternakkan, pedesaan dan ‘caravan’.

Di Amerika Utara, Tibetan Mastiff dipergunakan unutk menjadi anjing penjaga, gembala dan sebagai anjing sahabat keluarga. Dan dipercaya bahwa salah satu nenek moyang dari trah ini adalah anjing New Foundland, Great Pyrenees, Dogue de Bordeaux, Great Dane dan masih banyak anjing lainnya. Dan masih diklasifikasikan sebagai anjing trah yang langka, Tibetan Mastiff diperkirakan telah hidup 3000 tahun yang silam bersamaan dengan anjing-anjing jenis trah tua lainnya.

Negara Asal: Tibet

Tinggi:

  • Dewasa Jantan: Minimal 26 Inches/66 Cm
  • Dewasa Betina: Minimal 24 inches/61 Cm

Berat Badan:

  • Dewasa Jantan: Antara 100 -160 Lbs / 45.36-72.58 Kg
  • Dewasa Betina : Antara 75 -120 Lbs / 34.02-54.43 Kg

Selain pembawaannya yang santai, lembut, stabil dan setia, Tibetan Mastiff juga dapat menunjukkan sikap rasa percaya diri yang tinggi, tidak bersahabat dan selalu siap siaga. Bagi mereka yang mengetahui jenis anjing ini akan dengan segera beranggapan bahwa anjing ini bukan tipe anjing yang dapat dipelihara oleh siapapun karena ia juga dapat memberikan perlawanan kepada induk semangnya.

Tibetan Mastiff membutuhkan perhatian dan latihan untuk tetap membuatnya dapat beriaktivitas, jika tidak seperti juga halnya dengan jenis trah lain, ia dapat merusak apa saja untuk menghilangkan rasa bosan. Sebagai tambahan yang patut diperhatikan, Tibetan Mastiff adalah anjing yang memiliki kemampuan untuk dilatih sejak dini dan sosialisasi yang baik dengan manusia dan hewan peliharaan lain.

Sebagai anjing yang memiiki tingkat intelegensia yang tinggi, Tibetan dapat beradaptasi pada situasi yang berbeda, demikian pula ia hewan yang dapat menentukan sendiri ativitasnya dan terkadang kurang tertarik kepada sesuatu yang memang sudah dirancang untuk aktivitasnya, seperti kegiatan ketaatan atau agility. Secara alamiah ia merupakan anjing penjaga dan secara naluri kemampuannya adalah sebagai pelindung yang sangat baik di rumah. Seperti yang dikatakan anjing ini bukanlah anjing yang dapat dimiliki oleh sembarang orang, jadi apabila Anda berencana untuk memelihara Tibetan Mastiff, pelajarilah terlebih dahulu karakternya sebelum membawanya pulang ke rumah, dan yakinkah Anda ia memang merupakan pilihan yang tepat untuk menjadi pilihan Anda.

BULU dan WARNA :

Tibetan Mastiff memiliki bulu yang cukup panjang ,tebal dan tahan terhadap segala musim, dengan bulu yang berlapis dan warna bulunya hitam, hitam dan kemerahan, atau kuning keemasan. Bulunya yang berlapis bertahan sepanjang tahun dengan sedikit mengalami kerontokkan, terkecuali pada musim semi tergantung pada cuaca, pada saat bulunya ‘mengembang’. Lamanya masa kerontokkan ini dapat berlangsung hingga delapan minggu. Jenis ini cukup lama mengalami proses pendewasaannya, seekor anjing jantan baru akan mencapai masa yang benar-benar dewasa pada saat usianya mencapai 4-5 tahun, dan anjing betina paling tidak pada saat berusia 3 atau 4 tahun.

Hal Yang Perlu Diperhatikan Sehubungan Dengan Kesehatan:

Tibetan Mastiff umumnya adalah jenis trah anjing yang sehat dan kuat, dan masa hidupnya paling sedikit berkisar 10 tahun atau lebih. Meskipun demikian, seperti halnya terjadi pada jenis trah anjing lainnya, disini juga terdapat beberapa hal yang perlu diperhatikan sehubungan dengan kesehatannya, berikut ini adalah yang umumnya terdeteksi terdapat pada Tibetan Mastiff :

Autoimmune Hypothyroidism: Problematika Thyroid

  • Hip Dysplasia: Problematika Persendian
  • Epilepsy: Problematika Epilepsi
  • Tibetan Mastiffs that Seizure: Problematika Menyerang Mendadak
  • CIDN or Canine Inherited Demyelinative Neuropathy: Adalah kondisi bawan sejak lahir yang disebabkan oleh system syaraf dari anakkan Tibetan Mastiff yang pada awalnya lahir normal akan tetapi pada saat usia mencapai 6 minggu akan mulai menampakkan kondisi yang melemah pada kaki belakang yang pada akhirnya dapat menyebabkan kelumpuhan secara total terhadap persendian bagian belakang. Dan apabila hal ini terjadi tidak ada cara pengobatan yang dapat dilakukan untuk mengatasinya.

Informasi Perawatan :

Mengingat Bulu Anjing Tibetan Mastiff tergolong panjang, untuk itu sangat disarankan untuk menyikat secara berkala dari waktu ke waktu, khususnya untuk Tibetan Mastiff yang memiliki tipe bulu panjang. Penyikatan Bulu setiap hari dengan kisaran antara 5 sampai 10 menit akan dapat membantu menjaga kesehatan dan kerapihan bulunya dan juga membantu mengurangi terjadinya kerontokkan.

Perawatan Bulu dan menjaga Kesehatan yang rutin sangatlah penting bagi hewan kesayangan Anda, hal ini akan mempengaruhi kepada penampilannya yang sehat, membantu mencegah timbulnya Penyakit dan mereka untuk tetap selalu sehat.
Memandikan anjing anda tergantung pada kebutuhan. Seberapa sering Anda memandikan sangatlah tergantung kepada masing-masing hewan peliharaan Anda (ini karena dipengaruhi oleh lokasi mereka bermain becek / berair / kering). Jangan pernah menggunakan shampoo manusia, karena kulit anjing lebih sensitive daripada manusia, dan hal ini dapat menimbulkan masalah iritasi kulit yang sangat serius, dan juga dapat menyebabkan kekeringan pada bulu anjing dan merusak jaringan kulit mereka.

Telinga merupakan bagian yang sangat penting bagi kesehatan anjing. Kedua belah telinganya harus diperiksa secara rutin dan apabila anjing Anda memiliki jenis bulu panjang. Kotoran-kotoran, kandungan minyak yang terdapat ditelinga harus senantiasa dibersihkan. Catatan : Membersihkan telinga dengan menggunakan ‘cotton bud’ tidak dianjurkan, karena pada saat Anda menggunakannya unutk membersihkan bagian dalam telinga tanpa Anda ketahui kemungkinan akan dapat merusak selaput gendang telinga anjing Anda.

Perawatan Kuku: Dengan memotong kuku secara benar sesuai dengan kebutuhan (Jika sudah panjang) akan membantu menjaga kesehatan dari telapak kaki anjing Anda dan hal ini akan membuat hewan kesayangan Anda merasa lebih nyaman pada saat berlari dan berjalan. Kelalaian dalam merawat kebersihan kuku dan memotongnya akan mengakibatkan kuku tersebut tumbuh terlalu panjang yang mengakibatkan anjing merasa sakit dan dapat menimbulkan infeksi.

PENAMPILAN SECARA UMUM:

Berotot, kokoh, kekar dengan struktur tulang yang baik, Sangat menawan dan tampil gagah. Semua ini terkombinasi menjadi satu kesatuan, memiliki kekuatan yang sangat besar, dan gagah berani. Cocok untuk dipekerjakan pada kondisi cuaca apapun. Proses pendewasaan yang lama, seekor anjing jantan baru akan menjadi dewasa pada saat usianya mencapai 4-5 tahun, dan anjing betina pada saat berusia 3 atau 4 tahun.

TEMPERAMENTAL:

Sangat mandiri, penuh perlindungan, Taat mengikuti perintah. Sangat melindungi pemilik dan daerah tempat tinggalnya.

PROPORSI UKURAN:

Apabila Tengkorak kepala panjangnya diukur dari ujungnya (Occiput) hingga ‘stop’ maka akan sama dengan ukuran dari stop hingga ujung hidung, namun umumnya panjang rahang sedikit lebih pendek. Ukuran panjang badan sedikit lebih panjang dibandingkan tinggi dari tanah ke punggung.

KEPALA:

Memiliki Tengkorak kepala yang lebar, kokoh dan kuat. Untuk seekor anjing dewasa kerutan wajahnya dapat mencapai dari mata hingga sudut dari mulutnya.

Tengkorak: Besar dan agak bundar, dengan ‘occiut’ yang agak menonjol.

Stop: Bentuk stop sangat jelas.

Hidung: Lebar, diharapkan berwarna gelap, dan ini tergantung pada warna bulunya, dengan lubang hidung yang besar.

Rahang: Agak Lebar, padat dan kokoh. Akhir dari rahangnya berbentuk segi empat.

Bibir: Terbentuk dengan baik dan menutupi rahang bagian bawah.

Gigi: Memiliki gigi yang kuat dengan sempurna, dan ‘scissor bite’. Lengkap seperti gunting, ‘Level Bite’ (Gigitan sejajar) diperkenankan. Gigi geligi tertata dengan rapi.

Mata: Berukuran Medium, warna yang mengarah ke warna coklat, dan tergantung pada warna bulunya, semakin gelap semakin baik. Tertata rapi, berbentu oval dan agk sedikit diagonal, Kelopak Matanya sesuai dengan bentuk bola matanya. Dengan ekspresi mata yang cerdik.

Telinga: Berukuran medium, berbentuk segitiga dan menggantung, tertata rapi antara batas tengkorak dan mata, terletak jatuh kebagian depan dan menggantung mendekati kepala, dan akan bereaksi apabila waspada, Bulu ditelinga tertutup oleh bulu-bulu halus dan pendek.

Leher: Kuat dan dilingkari oleh otot. Tidak terlalu banyak kerutan. Terbungkus rapi dengan bulu vertical yang tebal, namun tidak terlalu tebal bagi anjing betina.

BADAN :

Memiliki postur tubuh yang kekar dan kokoh.

Punggung: Lurus dan Berotot.

Dada: Agak dalam dengan lebar yang cukup, terbungkus dengan tulang iga yang kokoh untuk memberikan keleluasaan bernafas.

Ekor: Berukuran sedang. Tertata sejajar tepat pada ujung akhir dari pinggul, dan melingkar ke atas pinggang, apabila anjing sedang waspada atau bergerak, bulunya akan berdiri.

Kaki depan: Lurus dengan angulasi yang baik, dan tertutup baik oleh bulu tebalnya.

Belikat: Tertata dengan baik dan berotot.

Siku Atas: Tidak menonjol ke dalam maupun ke luar.

Siku Depan: Memiliki Tulang yang kuat dan Lurus.

Telapak Kaki Atas (Pastern): Telapak kaki atas kokoh dan sedikit melengkung.

Kaki Belakang : Bertenaga kuat dan berotot, dengan angulasi yang baik, dan apabila dilihat dari arah belakang, kaki belakang tampak sejajar.

Siku Belakang Atas: Agak panjang, kokoh terbungkus otot yang kuat, namun tidak menggumpal.

Siku Belakang Bawah : tertata dengan baik dan sedikit melengkung.

Tumit Belakang: Kuat dan dan terletak agak ke bawah.

Jari-Jari Kaki: Agak besar, kuat dan berbentuk bulat dan kompak menyatu, dan terbungkus oleh bulu tebal pada bagian atasnya.

GERAKAN AYUNAN LANGKAH:

Memiliki gerakkan langkah yang sangat bertenaga, namun lincah dan luwes, dengan memiliki jangkauan dan kempampuan yang sangat baik. Apabila kecepatan lari bertambah akan tampak ayunan yang menyatu. Sedangkan bila berjalan akan terlihat langkah yang anggun. Mampu untuk mepergunakan segala fungsinya pada medan yang bervariasi dengan staminanya yang baik dan fleksibel

BULU :

Kualitas dari bulunya jauh lebih penting daripada jumlah blu yang lebat. Memiliki postur bulu yang kasar, tebal , dan bulu bagian atas tidak terlalu panjang, dengan bulu bagian dalam yang tebal dan agak pekat yang berguna pada saat musim dingin sebagai penghangat, dan pada musim panas bulu tersebut akan berkurang. Anjing jantan umumnya akan memiliki lebih banyak bulu daripada betina.Bulu yang baik namun kasar, lurus dan tidak licin, sedikit keriting atau berombak. Leher dan punggungnya dipenuhi oleh bulu-bulu yang sangat lebat, dan membuat kesan dari penampilannya. Bulu ekornya banyak dan lebat, dan pergelangan kaki bagian atas juga dipenuhi bulu yang lebat.

WARNA :

Hitam Pekat, dengan atau tanpa tanda ‘tan’/Coklat kemerahan; Biru, dengan atau tanpa ‘tan’ / coklat kemerahan; Kuning emas (Gold), dari coklat hingga kemerahan. Semua warna ini diharapkan semurni mungkin. Warna ‘Tan’ yang dimaskdu disini adalah warna coklat kemerahan sampai coklat muda. Warna putih di dada diperkenankan. Dan tanda putih yang sedikit (seminimal mungkin) pada kaki diperbolehkan. Tanda ‘Tan’/Coklat kemerahan akan ditemukan terdapat di atas mata, di kaki bagian bawah dan di bagian bawah ekor, Dan tanda tan / Coklat kemerahan pada rahang, tanda yang membentuk seperti kacamata disekitar matanya.akan ditoleransi.

 

 

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*