Melatih Anjing Agar Tidak Menggonggong

Meski menggonggong adalah salah satu cara anjing berkomunikasi, namun ada kalanya anjing tidak mau menggonggong. Jika anjing kesayangan Anda termasuk diantaranya, berikan latihan ini sejak dini, berikut tips dan trik melatih anjing agar tidak menggonggong :

 

  • Mengajarkan anjing menggonggong setidaknya dimulai sejak usia anjing masih kecil, sehingga semua pelajaran dapat dengan mudah di tangkap oleh anjing. Sehingga tidak akan terlalu sulit mengajarinya hal-hal baru.
  • Seperti belajar berbicara, ketika masih kecil anjing belajar menggonggong dan mengenali bahasa isyarat yang diajari berkali-kali. Anjing akan menghafal semua perintah yang Anda berikan jika Anda selalu menggunakan perintah yang sama.
  • Ajaklah anjing bicara seolah-olah Anda berbicara dengan orang lain, setiap ucapan yang Anda katakan akan dibalas dalam bentuk gonggongan. Biasakan selalu mengajaknya berbicara karena setiap kata yang kita ucapkan akan membuat anjing mengenali maksud kita berbicara.
  • Ketika anjing mulai merespon dengan menggonggong dan menuruti perintah kita, selalu berikan pujian, pelukan atau belaian yang menandakan bahwa Anda senang jika anjing Anda menuruti semua perintahnya.
  • Bersabarlah saat mengajar anjing menggonggong, karena anjing juga tidak suka jika dikasari atau di bentak. Jangan meninggikan nada bicara apalagi bersikap kasar. Sebaliknya tunjukkan bahwa Anda menyayanginya sepenuhnya.
  • Jangan balas gonggongan dengan teriakan. Melatih anjing untuk tidak menggonggong sejak dini dirasa lebih mudah dibandingkan saat anjing telah mengembangkan kebiasaan buruk tersebut. Salah satu cara untuk melakukannya adalah dengan tidak membalas gonggongannya. Jika anjing tersebut menggonggong dan Anda berteriak, Anda memberikan perhatian pada pikiran anjing tersebut.[1] Anjing tersebut bahkan dapat mengira bahwa teriakan Anda adalah balasan dari gonggongan tersebut. Anjing kemungkinan akan mengulangi perilaku tersebut karena salah mengiranya.

Tips:
– Nyalakan TV atau radio saat anda meninggalkannya berada dalam kandang. Hal ini akan membantu menjaga suasana menjadi normal.
– Saat jadwal makan harian, anda juga bisa menaruh makanannya ke dalam kandang.
– Ingatlah jangan pernah menggunakan kandang sebagai hukuman anjing anda karena dia akan mengaitkan kandang dengan hukuman.
– Jika anjing anda masih berumur dibawah 6 bulan, jangan tinggalkan dalam kandang lebih dari 3 jam. Dia perlu buang air karena kandung kemihnya belum bisa menahan lama seperti saat usia dewasa, dan dia bisa bosan serta dia tidak akan mengerti mengapa dia ditinggalkan sendiri dalam suasana yang tidak nyaman.

berikut video tutorial nya :

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*