Keeshond

keeshond

SEJARAH ANJING KEESHOND :

Anjing Keeshond merupakan anjing biakan kesayangan yang dalam beberapa abad berkembang subur terutama sebagai binatang rumah dan teman yang setia. Mereka tumbuh sebagai anggota keluarga dan bertahun-tahun dipelihara sebagai anjing manusia membuatnya mempunyai sikap lembut dan kesetiaan yang tiada bandingnya terhadap anak-anak. Mereka adalah keturunan anjing kutub utara seperti halnya Samoyed, Spitz, dan Elkhound Norwegia, dan dianggap termasuk leluhur Pomeranian kecil.

Latar Belakang

Awalnya, jenis ini dikenal sebagai Anjing Kapal Tongkang (perahu seret) Belanda karena dulu di Belanda digunakan untuk menuntun kapal tongkang menembus kabut. Nama panggilan populer lain untuk Keeshond adalah pria Belanda tersenyum, yang kelihatan karena wajahnya yang menunjukkan ekspresi siaga dan senantiasa tersenyum.

Takdir membawa Keeshond terlibat di dalam kejadian politik di Belanda yang mendahului Revolusi Perancis. Pemimpin dari perjuangan adalah seorang pria yang bernama Kees de Gyselaer, yang memiliki anjing kapal yang bernama Kees. Kees dan anjingnya muncul di banyak karikatur politik dimana mereka menjadi simbol dari para pejuang. Ketidakberuntungan terjadi bagi Keeshond, dimana para pejuang tidak berhasil memperoleh kemenangan, yang mengakibatkan banyak pemilik Keeshond membuang anjing mereka karena takut dicap sebagai anggota pejuang. Hal lain yang membuat keadaan semakin buruk bagi Keeshond adalah semakin membesarnya ukuran kapal tongkang yang ada sehingga membuat si kecil Keeshond menjadi semakin tidak favorit sebagai anjing kapal. Meskipun demikian Keeshond berhasil bertahan berkat usaha beberapa pendayung dan petani walaupun dengan keaadaan yang low profile.

Pada tahun 1920, Baroness van Hardenbroek memulai usaha untuk menyelamatkan Keeshond yang tersisa. Melalui usahanya itu dia berhasil memperkenalkan Keeshond ke Inggris pada tahun 1925, dan diikuti oleh pengakuan dari AKC pada tahun 1930. Sekarang Keeshond menjadi anjing nasional negeri Belanda.

Karakteristik

Keeshond termasuk dalam dalam Non-Sporting Group, dengan ukuran tinggi 18 inch dan berat 17-22 kg. Keeshond mengkombinasikan banyak sifat baik dari anjing rumahan; cukup energik dan senang bermain, sangat perhatian dan mencintai pemiliknya, juga sensitive dan selalu bersedia untuk belajar. Keeshond paling merasa gembira hidup berada di sekitar orang. Mereka menjelajahi sebagian besar lahan yang disediakan untuk mereka dan secara alami menjaga area tersebut. Tempat tersebut idealnya adalah halaman berpagar untuk tempat bermain. Mereka mudah berteman dan akan menyambut siapa pun yang disambut oleh pemiliknya tetapi akan memperlakukan pengganggu dengan kasar. Keeshond punya naluri berkelana dan mengikuti semua perjalanan atau petualangan dengan bersemangat dan antusias selama ada orang yang menyertainya.

Perawatan

Bulunya yang abu-abu tua dan hitam tumbuh berdiri memanjang dari badannya dan memberi kesan besar. Mereka mempunyai dua lapis bulu, bulu bagian dalam yang lembut dan berwarna muda serta bulu bagian luar yang lebih kasar yang dipakai bukan hanya untuk melindungi diri dari cuaca ekstrim, tetapi juga mengusir debu dan mencegah bulunya saling merekat. Meskipun panjang, bulu tersebut hanya perlu sedikit perawatan dan kadang-kadang disikat supaya tetap dalam kondisi yang baik.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*