Alaskan Malamute

alaskan malamute
alaskan malamute

SEJARAH ANJING ALASKAN MALAMUTE :

Sekilas anjing Alaskan Malamute ini mirip dengan anjing Siberian Husky yang keduanya memiliki bentuk badan dan wajah seperti Serigala. Perbedaan mencolok yang membedakan anjing ini dengan Siberian Husky adalah ukuran tubuh yang lebih besar dan ekor yang terangkat melebihi garis punggung.

Alaskan Malamute termasuk dalam group V (Spitz). Berasal dari daerah Norton Sound di pesisir barat laut Alaska. Diberi nama Alaskan Malamute karena anjing ini banyak ditemukan di daerah Alaska yang berpenduduk asli orang Inuit atau dikenal dengan nama Mahlemuts.

Karena struktur badannya yang kuat dan besar , anjing ini diguanak sebagi teman berburu anjing laut atau beruang madu oleh penduduk setempat. Anjing ini muli diakui oleh American Kennel Club dan dipamerkan pada tahun 1935.

Penampilan Umum.

Alaskan Malmute memiliki tubuh yang besar, kuat, seimbang, bertenaga, dan memiliki tulang kaki yang besar. Memiliki sifat yang aktif dan energik. Anjing ini memiliki sifat yang ramah terhadap orang asing dan sangat patuh serta senang sekali bermain.

Ukuran .

Untuk jantan memiliki tinggi badan 63.5 Cm (Diukur dari permukaan tanah sampai ke pundak) dengan berat badan sekitar 38 Kg. Sedangkan untuk betina memiliki tinggi badan 58.5 Cm dengan berat badan sekitar 34 Kg.

Kepala.

Tengkorak kepala lebar dan agak bundar . Ekspresi wajah lemah lembut. Moncong berukuran besar dengan panjang medium tetapi tidak meruncing pada ujungnya. Mata berbentuk buah Almond denga ukuran sedang. Warna mata coklat / agak gelap. Telinga berdiri tegak dan meruncing pada ujungnya. Hidung berwarna hitam. Susunan gigi harus menggunting (scissor bite) dengan rahang yang besar dan kuat.

Leher.

Leher berukuran sedang , kuat dan agak melengkung kedepan.

Tubuh.

Alaskan Malamute memiliki badan yang kompak dengan dada yang dalam / berotot. Garis punggung harus lurus dan terkesan kuat. Alaskn Malamute memiliki kaki depan yang kuat , bertulang bagus dan berotot. Kepalan kaki besar dengan jari kaki yang tertutup rapat (mengepal) . Siku kaki belakang harus jelas tetapi tidak terlalu tajam seperti anjing Miniature Pincher. Ekor memiliki bulu yang tebal dan agak keriting. Ekor harus terangkat bila sedang berjaln atau dalam keadaan siaga.

Bulu.

Alaskan Malamute memiliki bulu yang tebal untuk melindungi diri dari udara yang dingin. Bulu tumbuh dengan rapat seperti karpet. Memiliki bulu bagin dalam yang halus dan seperti kapas.

Warna.

Alaskan Malamute biasanya berwarna abu-abu dengan sedikit campuran warna hitam / coklat dan warna putih disekitar muka, dada, kaki dan ekor.

Diskualifikasi. Bentuk gigi tidak menggunting , tidak memiliki testis atau mono testis, mata berwarna biru , hidung berwarna terang, dan ekor tidak terangkat.

1 Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*