10 Film Terbaik Tentang Persahabatan Anjing & Manusia

film terbaik tentang anjing
film terbaik tentang anjing

Anjing adalah hewan yang sering dianggap sebagai teman terbaik manusia. Hal ini dikarenakan anjing adalah hewan yang patuh terhadap perintah manusia, tentu saja dengan catatan anjing itu harus terlebih dahulu dilatih.

Dalam perfilman Hollywood sendiri, banyak sekali film yang menceritakan persahabatan anjing dan manusia sebagai majikannya. Mayoritas adalah bertema keluarga. Bahkan anjing dijadikan karakter mendunia lewat Scooby-Doo yang lucu dan salah satu karakter andalan Disney, Goofy.

Untuk itu kami pilihkan 10 film terbaik buatan Hollywood dengan kisah seputar hubungan manusia dengan anjing yang berupa live-action bukan animasi dan anjingnya tidak berbicara bahasa manusia tentunya.

Lassie Come Home [1943]

Diadaptasi dari novel karya Eric Knight, film ini mungkin adalah film pertama yang menceritakan persahabatan manusia dan anjingnya. Lassie adalah seekor anjing berjenis Rough Collie yang diceritakan sangat setia kepada majikannya yang diperankan oleh Roddy McDowall.

Mereka dipisahkan karena keluarganya menjual Lassie untuk melunasi hutang. Tetapi kemudian Lassie kembali ke rumah majikannya dengan melintasi banyak petualangan dan jarak yang jauh dari Skotlandia ke Inggris.

Pal sebagai pemeran Lassie menjadi superstar karena film ini. Oleh karena itu, tidak heran jika kemudian dibuatkan beberapa film sequel untuk semakin mengangkat popularitas Pal. Beberapa film tersebut ialah: Son of Lassie [1945], Courage of Lassie [1946] dengan Elizabeth Taylor di masa kanak-kanaknya, Hills of Home [1948], The Sun Comes Up [1949] yang merupakan film terakhir aktris Jeanette MacDonald, Challenge to Lassie [1949] dan The Painted Hills [1951].

 

Old Yeller [1957]

Salah satu film terbaik Disney yang menceritakan persahabatan anak kecil dengan anjing berjenis Mastador (campuran Mastiff dan Labrador). Anjing ini menjaga keluarga manusianya dengan baik, termasuk dari serangan serigala yang kemudian merenggut nyawanya. Film ini diangkat dari buku karya Fred Gipson. Kesuksesan film ini membuat Disney merilis sequel-nya pada tahun 1963 yang berjudul Savage Sam yang menceritakan anak dari Old Yeller.

A Dog of Flanders [1959]

Spike the Mastador yang bermain di film Old Yeller kembali menjadi bintang di film yang diangkat dari novel karya Ouida ini. Dirilis oleh 20th Century Fox, film ini adalah adaptasi kedua, yang pertama adalah produksi 1935, yang kemudian di remake pada tahun 1999. Bercerita tentang kesedihan seorang anak kecil yang ditinggal oleh kakek tercinta dan hanya berteman dengan seekor anjing. Kesetiaan anjing ini terhadap majikannya dalam melalui kisah sedih hidupnya berakhir dengan kematian bersama di depan sebuah gereja karena kedinginan. Hingga sekarang, patung mereka berdua masih bisa dilihat di depan Antwerp Cathedral di Belgia.

Sounder [1972]

Film yang merupakan adaptasi novel karya William H. Armstrong yang pernah meraih Newbery Medal ini, menceritakan jerih payah keluarga afrika-amerika di era The Great Depression. Setelah sang ayah dipenjara atas tuduhan kriminalitas, salah seorang anaknya melakukan perjalanan bersama anjingnya yang bernama Sounder. Setelah bertemu dengan majikannya dan kemudian pulang bersama kembali ke rumah, Sounder mati setelah sang ayah meninggal dunia sebelumnya.

Marley & Me [2008]

Film yang diadaptasi dari memoir karya John Grogan yang bercerita tentang anjing berjenis Labrador Retrievers yang diasuh dari kecil oleh pasangan suami-istri yang menjadi inspirasi tulisan-tulisannya hingga sukses sebagai kolumnis. Meski anjing tersebut bisa dibilang nakal dan suka mengacak-acak seisi rumah, bahkan menimbulkan amarah sang istri, tetapi mereka berdua menyayangi Marley hingga akhir hayatnya. Bagi pencinta anjing, film ini meninggalkan kesan yang mendalam karena inti ceritanya yang menyentuh.

Eight Below [2006]

Film ini adalah salah satu film terbaik Paul Walker dengan cerita dirinya sebagai guide untuk riset ilmuwan di Antartika yang terpaksa meninggalkan sekumpulan anjing yang mayoritas berjenis Siberian Husky karena cuaca buruk.

Kejadian ini membuat sekumpulan anjing tersebut harus bertahan di tengah cuaca buruk dan baru bertemu dengan majikannya setelah 4 bulan kemudian. Selama 4 bulan itu, mereka harus bertarung melawan rasa dingin dan lapar yang membuat mereka harus berani bertarung dengan singa laut dalam mencari makanan.

Wendy and Lucy [2008]

Film independent yang diputar di beberapa festival film ini menceritakan seorang wanita yang diperankan oleh Michelle Williams dan seekor anjing miliknya dalam perjalanan untuk memulai hidup baru di Alaska dengan modal yang sedikit. Banyak peristiwa yang terjadi di dalam perjalanan yang pada akhirnya memisahkan majikan dan anjingnya ini. Michelle Williams menampilkan akting yang baik di film ini dan meraih banyak penghargaan di beberapa penghargaan film dunia.

Hachi: A Dog’s Tale [2009]

Film ini adalah adaptasi dari film Jepang produksi 1987, Hachiko Monogatari. Dengan bintang Richard Gere sebagai aktor utama, film ini melukiskan persahabatan anjing dan manusia, dimana setiap hari sang anjing berjenis Akita ini menjemput majikannya di stasiun.

Hingga pada suatu hari majikannya tidak muncul lagi di stasiun karena meninggal dunia di kampus tempat dia mengajar. Tetapi Hachi tetap menunggu hingga dia pun meninggal setelah 10 tahun menunggu di sekitar stasiun. Cerita ini berdasarkan kisah nyata yang terjadi di Stasiun Shibuya, Jepang. Bahkan sampai saat ini patung untuk memperingati kesetiaan anjing ini masih berdiri di depan stasiun itu. Berikut ini adalah video pendek tentang kisah nyata Hachiko.

Red Dog [2011]

Film produksi bersama Amerika Serikat dan Australia ini bersetting di sebuah kota kecil di Australia dan berdasarkan kisah nyata tentang anjing berjenis Australian Kelpie yang menyatukan perbedaan masyarakat di kota itu.

Dibintangi oleh Josh Lucas dan Rachael Taylor, film ini banyak meninggalkan kesan terutama karena adegan-adegan memikat yang menggambarkan kedekatan sang anjing dengan warga kota pekerja tersebut. Meski tidak dirilis di Amerika Serikat, Red Dog berhasil mendapat banyak penghargaan dari beberapa ajang award di seluruh dunia, terutama di Australia, dimana film ini didapuk sebagai Best Picture.

Max [2015]

Film tentang kesetiaan dan keberanian seekor anjing yang pernah dipelihara oleh seorang marinir ketika terjadi perang di Afghanistan ini disutradarai oleh Boaz Yakin. Sama halnya dengan tentara yang mengalami trauma setelah kembali dari perang, Max juga mengalami hal serupa, apalagi majikannya tewas dalam perang dan kini dia harus tinggal bersama keluarga majikannya tersebut. Mulai bersosialisasi dengan awal yang buruk, tapi lambat laun, anjing ini menjadi penjaga terbaik keluarga itu.

Itulah 10 film terbaik yang menggambarkan persahabatan anjing dan manusia. Banyak keluarga, terutama di Amerika Serikat, menjadikan anjing sebagai hewan peliharaan. Selain untuk menjaga rumah dari orang-orang asing, anjing-anjing ini ternyata peka terhadap perasaan manusia dan mudah mengingat semua aktivitas atau kebiasaan orang yang menjadi majikannya.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*